• For Rent
  • Custom project inquiry
0 Items

Tambahan apa saja yang dibutuhkan untuk meningkatkan imersi dalam VR?

a man and a woman are playing a video game

 

 

Ada beberapa add-on VR yang tersedia dan sedang dikembangkan yang dapat meningkatkan pengalaman mendalami VR. Beberapa di antaranya termasuk:

 

Indera penciuman

Olfactory virtual reality (OVR) merupakan teknologi yang bertujuan untuk mereplikasi indera penciuman dalam virtual reality. Ini dicapai dengan menggunakan perangkat yang dikenal sebagai tampilan penciuman, yang dapat menghasilkan berbagai macam aroma secara real-time dan menyinkronkannya dengan lingkungan virtual yang dialami. OVR bekerja dengan menggunakan aroma yang berbeda, seperti minyak esensial atau senyawa wewangian, yang disebarkan ke udara melalui layar penciuman. Aroma diproduksi secara real time, berdasarkan lingkungan virtual yang sedang dialami, dan diatur waktunya agar bertepatan dengan peristiwa atau tindakan tertentu yang terjadi dalam lingkungan VR. Misalnya, jika pengguna sedang berjalan melalui hutan virtual, tampilan penciuman dapat menghasilkan aroma pohon pinus atau tanah segar untuk meningkatkan imersi lingkungan virtual. Penggunaan OVR dapat menambah imersi pengalaman VR secara keseluruhan dengan mereplikasi indra penciuman, yang merupakan alat ampuh untuk membangkitkan ingatan dan emosi. Teknologi ini dapat meningkatkan pengalaman sensorik VR secara keseluruhan dengan memungkinkan pengguna mencium lingkungan dan objek virtual, seperti yang mereka lakukan di dunia nyata. Ini bisa sangat berguna dalam permainan, film, dan pengalaman interaktif lainnya di mana aroma dapat memainkan peran penting dalam mengatur suasana hati atau membangkitkan emosi tertentu.

 

Setelan haptik

Setelan haptik, juga dikenal sebagai setelan umpan balik haptik seluruh tubuh, adalah perangkat yang dapat dikenakan yang memberikan umpan balik sensorik kepada pengguna melalui getaran, tekanan, dan sensasi sentuhan lainnya. Setelan tersebut dirancang untuk menutupi seluruh tubuh, dan bekerja dengan menggunakan aktuator dan sensor untuk mensimulasikan sensasi sentuhan, tekanan, dan sensasi fisik lainnya. Dalam realitas virtual, setelan haptic dapat digunakan untuk menambah keseluruhan pengalaman dengan mensimulasikan sensasi fisik di lingkungan virtual. Misalnya, jika pengguna berjalan di medan yang kasar di dunia virtual, pakaian haptic dapat mensimulasikan sensasi permukaan tanah yang tidak rata di bawah kaki. Jika pengguna tertembak dalam game realitas virtual, setelan haptik dapat mensimulasikan sensasi benturan fisik. Jenis umpan balik sensorik ini dapat membuat pengalaman VR terasa lebih realistis dan imersif, karena pengguna dapat secara fisik merasakan lingkungan virtual tempat mereka berada.

 

Sarung tangan haptik

Sarung tangan haptik adalah perangkat yang dapat dipakai yang memberikan umpan balik sentuhan ke tangan pengguna dalam realitas virtual. Sarung tangan ini biasanya menggunakan kombinasi sensor, aktuator, dan teknologi lainnya untuk mensimulasikan sensasi sentuhan, tekanan, dan sensasi fisik lainnya di lingkungan virtual. Dalam realitas virtual, sarung tangan haptic dapat digunakan untuk menambah keseluruhan pengalaman dengan memungkinkan pengguna merasakan dan berinteraksi dengan objek dan lingkungan virtual dengan cara yang lebih alami dan intuitif. Misalnya, jika pengguna memegang senjata virtual dalam game VR, sarung tangan haptic dapat mensimulasikan sensasi memegang senjata fisik, seperti berat dan recoil senjata saat ditembakkan. Jika pengguna menangani alat atau objek virtual, sarung tangan haptic dapat mensimulasikan sensasi memegang dan menggunakan alat di dunia nyata, seperti sensasi memutar kunci pas atau memanipulasi joystick. Sarung tangan haptik juga dapat digunakan untuk memberikan umpan balik tambahan untuk tindakan tertentu, seperti sensasi menekan tombol, menarik pelatuk, atau memanipulasi objek virtual. Hal ini khususnya berguna dalam aplikasi game dan simulasi, yang mengharuskan pengguna mendapatkan pengalaman yang realistis dan mendalam.

 

Pelacak Tubuh VR

Pelacakan tubuh dalam realitas virtual mengacu pada teknologi yang melacak pergerakan dan tindakan tubuh pengguna dalam lingkungan virtual. Hal ini dicapai melalui penggunaan sensor, kamera, atau teknologi pelacakan lainnya yang dapat menangkap dan mengirimkan pergerakan pengguna secara real-time. Dalam realitas virtual, pelacakan tubuh dapat menambah keseluruhan pengalaman dengan memungkinkan pengguna berinteraksi secara fisik dengan lingkungan virtual dengan cara yang lebih alami dan intuitif. Misalnya, jika pengguna memainkan game VR yang melibatkan gerakan tangan, teknologi pelacakan tubuh akan memungkinkan tangan virtual pengguna mencerminkan gerakan fisik mereka secara real-time. Hal ini memungkinkan pengalaman yang lebih mendalam, karena tindakan dan gerakan pengguna dalam lingkungan virtual terkait langsung dengan gerakan fisik mereka di dunia nyata. Pelacakan tubuh juga dapat digunakan untuk melacak gerakan yang lebih kompleks, seperti gerakan kepala, postur tubuh, dan orientasi anggota tubuh pengguna. Hal ini khususnya berguna dalam aplikasi simulasi dan pelatihan, yang mengharuskan pengguna mendapatkan pengalaman yang realistis dan mendalam.

 

Penggerak VR

Penggerak dalam realitas virtual mengacu pada teknologi yang memungkinkan pengguna untuk bergerak dan bernavigasi dalam lingkungan virtual. Ini dapat mencakup berbagai metode pergerakan, seperti berjalan, berlari, terbang, atau berteleportasi. Dalam realitas virtual, penggerak dapat menambah keseluruhan pengalaman dengan memungkinkan pengguna menjelajahi dan menavigasi lingkungan virtual secara fisik dengan cara yang lebih alami dan intuitif. Misalnya, jika pengguna memainkan game VR yang melibatkan penjelajahan dunia virtual, mereka akan dapat berjalan atau berlari secara fisik melalui lingkungan tersebut, sama seperti di dunia nyata. Hal ini memungkinkan pengalaman yang lebih mendalam, karena gerakan pengguna dalam lingkungan virtual terkait langsung dengan gerakan fisik mereka di dunia nyata. Teleportasi adalah metode penggerak yang umum di VR, terutama bagi pengguna yang mungkin mengalami ketidaknyamanan atau mual dengan bentuk gerakan yang lebih bersifat fisik. Dalam teleportasi, pengguna dapat berpindah secara instan dari satu lokasi ke lokasi lain dalam lingkungan virtual, memungkinkan pengalaman yang lebih nyaman dan mudah diakses.

 

PC ransel

PC ransel adalah jenis komputer yang dapat dikenakan di punggung pengguna dan dirancang untuk mendukung pengalaman virtual reality (VR). Perangkat jenis ini digunakan untuk memberi daya pada headset VR dan memberikan pengalaman VR nirkabel tanpa ikatan. Dalam realitas virtual, PC ransel dapat menambah keseluruhan pengalaman dengan memungkinkan pengguna untuk bergerak secara fisik dan berinteraksi dengan lingkungan virtual tanpa harus terikat ke komputer desktop. Dengan PC ransel, pengguna dapat bergerak bebas dalam lingkungan virtual, memungkinkan pengalaman yang lebih alami dan mendalam.

 

Stok senjata

Stok senjata adalah jenis aksesori yang digunakan dalam game realitas virtual (VR) untuk memberikan pengalaman yang lebih realistis dan mendalam. Ini dirancang menyerupai mekanisme pegangan dan pemicu senjata api sungguhan dan dapat dipasang ke pengontrol VR atau dipasangkan dengan headset VR. Dalam realitas virtual, stok senjata dapat menambah pengalaman keseluruhan dengan memungkinkan pengguna memegang dan mengarahkan senjata api virtual secara fisik, seperti yang mereka lakukan di dunia nyata. Hal ini dapat sangat meningkatkan realisme dan kegembiraan game menembak VR dan pengalaman serupa lainnya, menjadikannya lebih mendalam dan menarik bagi pengguna. Penggunaan stok senjata juga dapat meningkatkan akurasi dan ketepatan membidik dalam permainan menembak VR, sehingga memungkinkan pengalaman yang lebih menantang dan kompetitif. Selain itu, banyak stok senjata dirancang dengan pegangan yang dapat disesuaikan dan opsi penyesuaian lainnya, memungkinkan pengguna menemukan yang paling nyaman dan intuitif sesuai preferensi pribadi mereka.

 

Platform gerak

Platform gerak adalah jenis perangkat yang digunakan dalam permainan realitas virtual (VR) yang secara fisik bergerak dan bergetar sebagai respons terhadap tindakan yang terjadi di lingkungan virtual, memungkinkan pengguna merasakan gerakan dan getaran pengalaman virtual secara fisik. Dalam realitas virtual, platform gerak memungkinkan pengguna merasakan gerakan dan getaran lingkungan virtual secara fisik, sama seperti di dunia nyata. Misalnya, jika pengguna memainkan game balap VR, platform gerak dapat mensimulasikan sensasi berkendara melewati gundukan, belokan, dan rintangan lainnya. Hal ini dapat sangat meningkatkan realisme dan kegembiraan pengalaman VR, menjadikannya lebih mendalam dan menarik bagi pengguna. Platform gerak sering digunakan dalam atraksi taman hiburan dan pengalaman VR berbasis lokasi lainnya, yang dapat digunakan untuk memberikan pengalaman yang lebih realistis dan mendalam. Beberapa platform gerak juga dirancang untuk digunakan dalam pengaturan VR di rumah, memungkinkan pengguna menikmati pengalaman mendalam dari kenyamanan rumah mereka sendiri.