• For Rent
  • Custom project inquiry
0 Items

Pemahaman 3DOF atau 6DOF dalam VR

woman using black VR headset beside computer

 

 

3DOF dan 6DOF adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan ‘degrees of freedom’ dalam sistem virtual reality (VR).

3DOF mengacu pada “3 Degrees of Freedom”, yang berarti headset VR dapat melacak tiga jenis gerakan: pitch, yaw, dan roll. Gerakan-gerakan ini memungkinkan pengguna untuk melihat-lihat lingkungan virtual tetapi tidak memungkinkan pengguna untuk bergerak secara fisik di dalam lingkungan tersebut.

Di sisi lain, 6DOF adalah singkatan dari “6 Degrees of Freedom”, yang berarti headset VR dapat melacak enam jenis gerakan: pitch, yaw, roll, serta gerakan heave, sway, dan surge. Hal ini memungkinkan pengguna untuk bergerak secara fisik dalam lingkungan virtual dan mengalami rasa pencelupan yang lebih besar.

 

Apa itu ‘pitch’, ‘yaw’, dan ‘roll’?

Pitch, yaw, dan roll adalah tiga derajat kebebasan rotasi yang digunakan untuk menggambarkan orientasi benda tegar dalam ruang tiga dimensi.
Pitch mengacu pada gerakan rotasi di sekitar sumbu X, yaitu sumbu yang berjalan dari kiri ke kanan. Saat anda menaikkan atau menurunkan kepala, anda berputar di sepanjang sumbu X.
Yaw mengacu pada gerakan rotasi di sekitar sumbu Y, yaitu sumbu yang berjalan dari depan ke belakang. Saat anda memutar kepala ke kiri atau ke kanan, anda berputar di sepanjang sumbu Y.
Roll mengacu pada gerakan rotasi di sekitar sumbu Z, yaitu sumbu yang berjalan dari atas ke bawah. Saat anda memiringkan kepala ke satu sisi atau sisi lainnya, anda berputar di sepanjang sumbu Z.
Derajat kebebasan rotasi ini dapat digunakan untuk menggambarkan orientasi 3DOF dasar dari headset VR, memungkinkan pengguna untuk melihat sekeliling lingkungan virtual dan merasakan sensasi imersi yang lebih besar.

 

Dan apa itu ‘surge’, ‘heave’, dan ‘sway’?

Surge mengacu pada gerakan linier sepanjang sumbu X, yaitu sumbu yang berjalan dari kiri ke kanan. Saat anda bergerak maju atau mundur di lingkungan VR, anda bergerak di sepanjang sumbu surge.

Heave mengacu pada gerakan linier sepanjang sumbu Y, yaitu sumbu yang berjalan dari depan ke belakang. Saat anda bergerak ke atas atau ke bawah di lingkungan VR, anda bergerak di sepanjang sumbu heave.

Sway mengacu pada gerakan linier sepanjang sumbu Z, yaitu sumbu yang berjalan dari atas ke bawah. Saat anda bergerak dari sisi ke sisi dalam lingkungan VR, anda bergerak di sepanjang sumbu sway.

Degrees of freedom linier ini, bersama dengan degrees of freedom rotasi (pitch, yaw, roll), membentuk 6 Degrees of Freedom (6DOF) yang digunakan untuk menggambarkan rentang gerak sepenuhnya dalam sistem VR.

6DOF memberikan pengalaman yang lebih imersif dengan memungkinkan pengguna bergerak secara fisik dalam lingkungan virtual dan merasakan kehadiran yang lebih besar. Ini bisa menjadi sangat penting untuk game VR, di mana gerakan merupakan aspek penting dari gameplay.

Dengan 6DOF, pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan virtual dengan cara yang lebih alami dan intuitif. Misalnya, mereka dapat berjalan atau terbang untuk menjelajahi berbagai bagian lingkungan, meraih benda, atau menunduk untuk menghindari rintangan.

6DOF juga dapat berguna untuk tujuan pelatihan, karena memungkinkan pengguna mengalami gerakan dan skenario yang kompleks dalam lingkungan simulasi. Misalnya, 6DOF VR dapat digunakan untuk melatih ahli bedah, pilot, atau tentara, menyediakan lingkungan yang aman dan terkontrol untuk mempraktikkan prosedur dan teknik.

Dan terakhir, 6DOF juga dapat meningkatkan proses desain dan visualisasi, karena memungkinkan arsitek, insinyur, dan desainer produk untuk bergerak secara fisik dan berinteraksi dengan desain mereka.

 

Pengalaman 6DOF sejati dalam VR yang dikenal sebagai “Skala ruangan”, di mana pengguna dapat secara fisik bergerak di dalam ruang fisik yang ditentukan. VR skala ruangan membutuhkan headset VR dan pengontrol yang dilacak dengan gerakan, dan ini memungkinkan pengguna untuk berjalan, berlari, melompat, atau bahkan berjongkok di dalam lingkungan virtual. Ruang fisik yang ditentukan untuk pengalaman VR disebut sebagai “area bermain skala kamar”.

Untuk menyiapkan pengalaman VR skala ruangan, headset VR dan pengontrol gerakan harus dikonfigurasi dan dikalibrasi dengan benar ke ruang fisik. Ini biasanya melibatkan pengaturan kamera pelacak dan menentukan batas area bermain skala ruangan. Sistem VR kemudian akan melacak pergerakan pengguna dalam ruang fisik yang ditentukan dan menerjemahkannya ke dalam lingkungan virtual.

 

Jadi, pemahaman tentang “Degree of Freedom” dan “Room-scale” akan membantu anda menentukan headset VR mana yang terbaik untuk kebutuhan anda.