DirectInput vs XInput pada kontroler gaming PC
DirectInput dan XInput keduanya adalah API (Application Programming Interfaces) yang digunakan sebagai input kontroler game di sistem operasi Microsoft Windows. Kompatibilitas kontroler game dengan salah satu dari dua protokol ini akan menentukan apakah kontroler itu dapat digunakan sebagai perangkat input di PC atau tidak.
Directinput diperkenalkan pada awal 1990-an dan dirancang untuk perangkat game lama, contohnya joystick, gamepad, dan kontroler klasik lainnya. Metode ini menyediakan input interface tingkat rendah yang memungkinkan game mengakses dan mengontrol semua aspek kontroler secara langsung, termasuk tombol, axis, dan getaran.
Xinput diperkenalkan pada tahun 2006 sebagai pengganti DirectInput, khusus untuk kontroler Xbox 360. XInput dirancang untuk menyediakan input interface tingkat tinggi yang menghapus beberapa kerumitan dalam DirectInput dan menawarkan metode gaming input yang lebih sederhana dan lebih praktis. XInput menyediakan interface untuk elemen input mendasar seperti tombol, trigger, dan thumb stick, dan jauh lebih mudah digunakan daripada DirectInput.
Memahami tentang XInput dan DirectInput dapat membantu anda menentukan apakah perangkat atau kontroler game anda akan kompatibel dengan komputer atau mesin game anda. Hal ini sangat penting saat membeli perangkat atau kontroler game baru, karena tidak semua kontroler kompatibel dengan setiap sistem.
Sebagai seorang gamer, memahami tentang XInput dan DirectInput dapat membantu anda memahami mengapa beberapa game berfungsi lebih baik dengan kontroler tertentu dan kenapa beberapa kontroler mungkin tidak cocok dengan game tertentu. Pengetahuan ini juga dapat membantu anda memecahkan masalah kontroler dan meningkatkan pengalaman bermain game anda.